Rabu, 14 Desember 2011

Papua New Guinea Diguncang Gempa 7,1 SR

Politikindonesia - Gempa dengan berkekuatan 7,1 Skala Richter mengguncang wilayah New Guenea, Rabu (14/12). Goncangan gempa ini cukup kuat. Menggetarkan gedung-gedung dan tiang listrik. Namun tidak ada peringatan Tsunami yang dikeluarkan pemerintah setempat menyusul gempa tersebut.

Seperti dilansir  Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa yang semula diperkirakan berkekuatan 7,3 SR itu terjadi pukul 15.04 waktu setempat atau 12.04 WIB. Epicentrum gempa  berada pada kedalaman  121 km barat daya kota pantai Lae dan 221 km dari ibukota negara itu, Port Moresby.

Gempa dilaporkan menimbulkan kepanikan warga kota Port Moresby. Orang -orang segera berhamburan untuk menyelamatkan diri dan meninggalkan gedung-gedung. Gempa tersebut dirasakan sangat kuat. Bahkan pengemudi mobil turut merasakan mobilnya bergoyang-goyang ketika goncangan tersebut melanda.

Geoscience Australia menyatakan,  gempa tersebut diperkirakan tidak akan menimbulkan Ttsunami. Ahli gempa dari Geoscience Australia Clive Collins mengatakan, perkiraan itu didasarkan bahwa gempa itu berada 20 km dekat pantai dan juga berada pada kedalaman 120km. “Tidak mungkin menimbulkan Tsunami," ujarnya, seperti dikutip AFP.

Collins memprediksi, gempa itu dapat menimbulkan masalah-masalah lain bagi kota terbesar paling dekat, Wau, sekitar 20km dari pusat gempa dan Kota Lae. “Kota-kota terletak di daerah pegunungan jadi mungkin akan terjadi tanah longsor dan itu adalah masalah utama khususnya di daerah Papua New Guena," kata Collins.
(kap/rin/nis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar